Mode Gelap
Image
Sabtu, 22 Juni 2024
Logo

Bahas LKPJ Bupati, Pansus DPRD Trenggalek Minta Upaya Klasifikasi Penghapusan Piutang

Bahas LKPJ Bupati, Pansus DPRD Trenggalek Minta Upaya Klasifikasi Penghapusan Piutang

Trenggalek (BM) - Rapat bersama OPD membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Trenggalek Akhir Tahun 2022, Panitia Khusus (Pansus) LKPj Bupati meminta upaya klarifikasi penghapusan piutang bagi orang meninggal dunia dan ahli waris yang tidak bisa diselesaikan.

 

" jadi rapat ini kita membahas terkait penyusunan LKPJ Bupati Akhir tahun 2022 yakni fokus piutang kepada mikro yang diambilkan dari modal penyertaan," jelas Sukarudin selaku ketua pansus, Rabu (17/4/2024).

 

Sukarudin mengatakan terkait penagihan. Setiap tahun jumlah penagihan meningkat, namun penagihannya tidak sebanding. Diperkirakan, ada beberapa poin yang tidak dapat dilunasi.

 

“Saat ini, fokus kita adalah pada masalah piutang. Setiap tahun, jumlah piutang meningkat, namun penagihannya tidak sebanding. Diperkirakan, ada beberapa piutang yang tidak dapat dilunasi,” katanya.

 

Pihaknya meminta, upaya klasifikasi untuk menghapus piutang yang tidak memungkinkan untuk diselesaikan. Seperti, piutang dari orang yang telah meninggal dunia dan ahli warisnya tidak dapat menyelesaikan kewajiban tersebut.

 

“Tahapan penghapusan piutang akan dilalui dengan cermat untuk menghindari masalah di masa depan,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut, Politisi PKB ini menjelaskan bahwa piutang tersebut sebelumnya merupakan modal penyertaan, terutama untuk usaha mikro yang semuanya didukung dengan jaminan. Dirinya juga menekankan, bahwa rekomendasi yang diusulkan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

 

“Kami ingin rekomendasi LKPj tahun 2023 ini seimbang. Kami meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang targetnya tidak tercapai untuk melakukan introspeksi diri. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki rencana tindak lanjut untuk mencapai kinerja yang belum terpenuhi agar dapat dicapai pada periode berikutnya,” pungkasnya.

Komentar / Jawab Dari