Mode Gelap
Image
Sabtu, 22 Juni 2024
Logo
Satu Rumah Warga Di Kecamatan Asembagus Situbondo Hangus Terbakar.
Sejumlah Peetugas serta Damkar Dilokasi Kebakaran di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo.

Satu Rumah Warga Di Kecamatan Asembagus Situbondo Hangus Terbakar.

SITUBONDO (BM) - Naas dialami Mahfud Jayadi (42) asal Dusun Tengah RT 003 RW 003 Desa dan Kecamatan Asembagus. Kabupaten Situbondo Provinsi Jawa Timur, Rumah kontrakan miliknya terbakar. Pada Jumat 31/5/2024.

Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu namun kerugian mencapai belasan juta rupiah, dari sejumlah keterangan kebakaran itu diduga dari kebocoran tabung gas, untuk penyebab pasti masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat.

Diketahui kebakaran terjadi pada pukul 11.30 WIB. Rumah dalam kondisi kosong, lantaran Ibu Dewi Wiji Astutik yang menempati rumah kontrakan itu seorang diri keluar rumah, untuk mengunjungi kerabat dengan jarak tidak terlalu jauh dari rumah kontrakannya. Dwi Wiji Astutik mengaku, "selesai memasak menggunakan kompor gas di dapur, sudah saya mematikan kompor kemudian keluar rumah pergi kerumah saudara," Ungkapnya.

Menurut keterangan warga disekitarnya, sebelumnya tidak mengetahui ada kebakaran, ia mendengar ada suara ledakan, saat ia keluar ternyata rumah milik Mahfud Jayadi yang ditempati Dwi Wiji Astutik, pada bagian dapur sudah dilalap api. Mengetahui ada kebakaran ia langsung berteriak minta tolong pada warga lainnya untuk melakukan pemadaman.

Upaya yang dilakukan warga memadamkan api dengan alat seadanya tidak berhasil maksimal, kepulan asap serta kobaran Api terus membesar melalap material rumah serta sejumlah perabotan yang ada di dalamnya, api baru berhasil dipadamkan setelah satu unit Damkar yang disiagakan di Kecamatan Asembagus tiba dilokasi disusul dari mako Situbondo juga diturunkan.

Selain warga dan dua Unit Damkar Yang turun kelokasi Anggota Pusdalop dan TRC BPBD Situbondo, Anggota Polsek Asembagus. Anggota Koramil, staf Kecamatan Asembagus. Satpol PP Kecamatan Asembagus. Tagana Dinsos Situbondo serta Pemdes Asembagus juga turun kelokasi tersebut.

Dari sumber data didapatkan dari berbagai pihak, diantaranya anggota Pusdalops dan TRC BPBD serta Petugas yang ada dilokasi kejadian, Rumah milik Mahfud Jayadi yang ditempati Dewi Wiji Astutik, yang terbakar diketahui berupa bangunan Semi Permanen panjang 9 meter dan lebar 7 meter dengan kondisi rusak total, dengan taksiran kerugian ± Rp. 25.000.000,-

Sedangkan Rumah semi permanen milik Ibu Siti Aminah, yang terdampak kobaran api mengalami rusak ringan. Sepeda motor Yamaha vixion jok dan mesin terbakar dan lemari bagian samping terbakar taksiran kerugian ± Rp.1.500.000,-.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa itu, total kerugian keduanya ± Rp.26.500.000,- untuk penyebabnya diduga dari tabung gas yang Bocor, alhamdulillah api berhasil dipadamkan pada pukul 12.30 WIB. Dan dilakukan pembasahan disekitar lokasi," Ungkap Puriyono BPBD Situbondo (tik).

 

 

 

 

Komentar / Jawab Dari