Mode Gelap
Image
Selasa, 16 April 2024
Logo
Pemilih Pemula, Generasi Milenial Diprediksi Menjadi Kelompok Pemilih dengan Proporsi Terbesar di Pemilu 2024.
Hermawan ST, Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Surabaya Dapil 4 bersama Reni Astuti Caleg DPR RI ditengah-tengan para pemilih pemula

Pemilih Pemula, Generasi Milenial Diprediksi Menjadi Kelompok Pemilih dengan Proporsi Terbesar di Pemilu 2024.

SURABAYA (BM) - Hermawan ST, Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), getol membidik pemilih pemula yang terdiri atas pelajar, mahasiswa atau pemilih dengan rentang usia 17 sampai 21 tahun menjadi segmen yang memang unik dan penuh tantangan.
 
"Bagi saya pemilih pemula atau generasi milenial dan generasi Z merupakan sebuah tantangan yang unik. kenapa? disebut unik, sebab perilaku pemilih pemula dengan antusiasme tinggi, relatif lebih rasional, haus akan perubahan dan tipis akan kadar polusi pragmatisme" ujar mantan Ketua RW Tiga Periode di Kecamatan Sukomanunggal, Kamis (25/1/2024).
 
"Namun yang membedakan pemilih pemula dan kelompok lainnya adalah soal pengalaman politik dalam menghadapi pemilu sehingga apa yang dijadikan sandaran ketika menentukan pilihan cenderung gamang, tidak stabil atau mudah berubah-ubah sesuai dengan informasi atau preferensi yang melingkarinya" ungkap Caleg DPRD Kota Surabaya Daerah Pemilihan (Dapil) 4 nomor urut 2 ini.
 
Tak Hanya itu, sambungnya, pemilih pemula memiliki antusiasme yang tinggi sementara keputusan pilihan yang belum bulat, sebenarnya menempatkan pemilih pemula sebagai swing vooters yang sesungguhnya.
 
"Pilihan politik mereka belum dipengaruhi motivasi ideologis tertentu dan lebih didorong oleh konteks dinamika lingkungan politik lokal. Pemilih pemula mudah dipengaruhi kepentingan-kepentingan tertentu, terutama oleh orang terdekat seperti anggota keluarga, mulai dari orang tua hingga kerabat dan teman. Selain itu, media massa juga lkut berpengaruh terhadap pilihan pemilih pemula" ulas pria yang dikenal familiar dikalangan anak muda.
 
Menurutnya, pemilih pemula khususnya remaja (berusia 17 tahun) mempunyai nilai kebudayaan yang santai, bebas, dan cenderung pada hal-hal yang informal dan mencari kesenangan, oleh karena itu semua hal yang kurang menyenangkan akan dihindari.
 
Disamping mencari kesenangan, kelompok sebaya adalah paling penting dalam kehidupan seorang remaja, sehingga bagi seorang remaja perlu mempunyai kelompok teman sendiri dalam pergaulan.
Dalam Perspektif Hermawan, pemilih pemula diprediksi menjadi kelompok pemilih dengan proporsi terbesar di Pemilu 2024.
 
"Jika berkaca pada Pemilu Serentak 2019, data dari situs web KPU RI jumlah pemilih muda sudah mencapai 70-80 juta jiwa dari 193 juta pemilih. Ini artinya 35 persen sampai 40 persen pemilih muda sudah mempunyai kekuatan dan memiliki pengaruh besar terhadap partisipasi pemilu nanti" pungkasnya.

Komentar / Jawab Dari