Mode Gelap
Image
Jumat, 21 Juni 2024
Logo
Waspada Beredar Surat Kesehatan Palsu Pengawas Pilkada Catut Nama RSUD Haji Surabaya. Pihak RSUD Haji Berjanji Bakal Menelusurinya
RSUD Haji Surabaya

Waspada Beredar Surat Kesehatan Palsu Pengawas Pilkada Catut Nama RSUD Haji Surabaya. Pihak RSUD Haji Berjanji Bakal Menelusurinya

SURABAYA (BM) – Beredar Medical Check Up (MCU) palsu yang mengatasnamakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Surabaya dikalangan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, membuat pihak RSUD Haji kelabakan dan akan menelusuri serta mengusut karena dinilai sebagai pemalsuan dan penipuan.

Dalam penelusuran beritametro.id saat melakukan kroscek ke RSUD Haji Surabaya terkait beredarnya surat keterangan hasil pemeriksaan medical check up sebagai salah satu syarat menjadi PKD Pilkada 2024 dibenarkan bahwa pihak RSUD Haji Surabaya tidak pernah mengeluarkan surat tersebut.

“Jadi setelah kami konfirmasi dan kroscek langsung ke Dokter pemeriksa, dan kepada kepala MCU, bahwa kami RSUD Haji Surabaya tidak mengeluarkan hasil surat hasil keterangan pemeriksaan tersebut,” ungkap Masrur,SHI MH, Kasi Humas RSUD Haji Surabaya saat ditemui, Rabu (5/6/2024).

Masrur mengapresiasi beritametro.id yang telah melakukan hal yang benar dengan kroscek langsung dan melakukan klarifikasi keabsahan terkait surat kesehatan yang mengatasnamakan RSUD Haji Surabaya.

“Ini adalah informasi yang baik dan berharga bagi kami Rumah Sakit Haji terkait dengan klarifikasi kebenaran surat pemeriksaan yang dilakukan MCU RS Haji, dengan adanya surat MCU palsu itu bahwa pihaknya akan menelusuri surat tersebut diinternal dan berjanji melaporkan informasi tersebut ke Direktur RSUD Haji Surabaya,” ulasnya.

Masrur juga menambahkan, ketidak benaran surat MCU tampak jelas terlihat bukan RSUD Haji Surabaya yang mengeluarkan surat hasil pemeriksaan kesehatan itu terlihat dari nomor surat dan tanda tangan dokter pemeriksa.

Sekedar diketahui, dari informasi yang diperoleh beritametro.id jelang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya (Pilkada) 2024, beredar luas jual beli surat hasil pemeriksaan kesehatan atau Medical Check Up (MCU) dikalangan PKD untuk memenuhi salah satu syarat menjadi pengawas pemilu dengan mencatut nama RSUD Haji Surabaya yang notabene RS milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Informasinya satu surat itu dipatok 300 ribuan mas, lha kalau misal kalau ada puluhan orang yang ikut sudah berapa nominalnya? Apalagi itu Cuma nyerahin Foto KTP aja sudah jadi surat tersebut,” pungkas sumber yang enggan menyebutkan namanya.  

Komentar / Jawab Dari